Sikap dan Perilaku (?)

by - 9:29 PM

Saat sedang mengerjakan tugas akhir saat kuliah, salah satu dosen penguji bilang, "Ini perilaku atau sikap?"
Saya pun menjawa ragu, "Sikap Mbak."
Beliau membalas, "Yakin? Dari yang saya baca ini sih perilaku." Saya diam memikirkan apa yang berbeda dari sikap dan perilaku. "Jadi gini, sekarang bisa saja seseorang (sikapnya pro dengan Jokowi tapi karena suatu alasan, (perilaku) dia memilih Prabowo". Saya cuma bisa menjawab "Oh, begitu Mbak." Merasa sudah mengerti tapi tidak pasti.

Seiring berjalannya waktu, perlahan saya semakin mengerti perbedaan antara sikap dan perilaku.
Contoh 1
Saya ingin sekali menlanjutkan kuliah di luar negeri namun saya masih malas mencari beasiswa.
Contoh 2 (Contoh ini di dapat dari salah satu kenalan saya)
Motto hidupnya adalah 'Yang penting sehat!' namun pola hidup dia berkata sebaliknya. Tidur selalu larut, asap rokok terus ia produksi. anw mudah-mudahan ia tetap sehat.
Contoh 3
Dia bilang ingin serius tapi perilaku berkata 'liat kemana angin membawa'. *curhat

bye ~ 

You May Also Like

0 comments