Sewa Kebaya di Jakarta

by - 9:18 AM

   Pakaian merupakan salah satu item penting nih (Ada nggak sih yang saya anggap tidak penting? wkwk). Saya dari dulu selalu membayangkan menggunakan gaun lace simple ala pinterest tapi apa daya ayah saya pengen banget pake beskap. Sempat berdebat antara beskap jawa atau beskap nasional. Saya pun bersikeras untuk menggunakan beskap nasional supaya tidak timpang antara saya yang menggunakan kebaya modern (bawahannya bukan kain batik tapi terusan biasa), ayah saya pun "yaudah deh" tapi di tengah jalan sering lupa dan kembali marah kalau ingat 'persetujuan' mengenai beskap yang dikenakan.
   Anyway sejauh ini, berdasarkan anjuran ayah dan observasi harga yang saya lakukan, kami sepakat memutuskan bahwa Sanggar yang ada di wilayah Jakarta Timur - Bekasi memiliki harga yang lebih miring daripada wilayah Jakarta lainnya (terutama Jakarta Selatan!)

  Berikut beberapa Sanggar favorit saya,

1. Aluira kebaya
   Kebaya yang ada di Aluira Kebaya cantik-cantik banget!! Kebanyakan payet-payet mereka sudah menggunakan payet 3D, ini membuat kebayanya terlihat detilnya. Makeup dari Aluira Kebaya pun terlihat sangat halus dan matte. Walaupun makeup & kebaya dari Aluira sebenarnya cantik, saya tidak menggunakan sanggar ini. Saat itu saya merasa bahwa harga yang ditawarkan Aluira diluar budget saya.
   Rate dari Aluira, mulai dari 14juta (Makeup Pengantin & Kebaya+Beskap Akad Pengantin)





Alamat
Komplek Kodam Kalimalang
jalan manunggal I no 4
Jakarta Timur
082125888816

2. Melati Griya Pengantin
   Waktu itu sudah sempat tanya-tanya ke Melati Griya Pengantin nih tapi karena satu dan lain hal akhirnya nggak jadi ke sanggarnya, padahal saya sudah siap-siap milih kebaya mana saja yang akan dicoba.
   Oh iya, tips nih bagi yang mau ke Melati Griya Pengantin. Sebelum mengunjungi MGP, sebaiknya kalian melihat-lihat kebaya yang tersedia baik via website maupun instagram. Setiap kebaya memiliki nama, jadi ketika datang, ramah-tamah di awal sambil haha hihi, lanjut deh cobain kebaya yang kamu mau. Kalau belum deal, infonya cuma boleh coba 2 kebaya aja.
   Detail kebaya mereka keluar jadi kebaya terlihat sangat cantik. Saya juga sangat suka dengan kebaya model kartininya. Menurut saya, harga yang ditawarkan oleh Melati Griya Pengantin ini sangat kompetitif. Masih masuk budget sewa kebaya di Jakarta lah, tinggal tergantung nemu yang klik atau tidak saja.
  Harga paketan Melati Griya Pengantin, mulai dari 11 juta (rias pengantin, busana resepsi pengantin, rias+kain ibu, beskap bapak, rias+kebaya+kain 4 penerima tamu)


Alamat
Jalan Kayu I Utara No. 17,
Kayu Putih, Jakarta Timur  
0811893680

3. Sanggar Violetta
   Sanggar Violetta ini satu-satunya sanggar favorite saya yang saya kunjungi. Mau tau kenapa ini jadi satu-satunya sanggar yang saya kunjungi padahal di atas ada 2 sanggar favorite lainnya? Karena saya sudah menemukan the one dan harganya paling murah di antara 2 sanggar favorite lainnya. Langsung deh deal saat itu juga, sampai si Adi cuma pasrah sambil geleng-geleng.
  Saya sampai sanggar Violetta sekitar jam 11an. Ternyata sanggarnya luar biasa ramainya. Tadinya sempet bingung mau tanya-tanya ke siapa, akhirnya saya lihat-lihat saja koleksi kebayanya yang kalo kata orang Jawa 'pating njembreng'. Saat sedang lihat-lihat kebaya, langsung ada yang samperin saya sambil bilang "Mau coba yang mana Mbak?" Wah senang bukan main dong, langsung disuruh coba-coba aja.
   Saya coba kebaya dari kebaya akad yang simple, sampai kebaya resepsi yang super mevvvaaah. Mbak-mbak di sana sangat sabar lho. Yang satu memakaikan kebaya, yang lainnya mencari kebaya lain yang mereka pikir akan saya suka. Padahal saat itu saya cuma sekedar lihat-lihat tapi sudah dilayani secara total oleh pihak Violetta.
   Harga paketan Violetta mulai dari 5jt (rias+busana akad nikah pengantin).
   Walaupun saya sudah deal dengan Sanggar Violetta, ada beberapa kekurangan menurut saya,
1. Kebaya akad tidak semuanya berwarna putih cerah (Mungkin karena sudah lama tahun pembuatannya). Pintar-pintar pilih saja ~
2. Makeup dari Sanggar Violetta ada yang bagus ada yang biasa saja. Semuanya balik lagi ke selera, saat sudah deal, kita akan dikasih beberapa pilihan MUA tim Violetta kok, tenang ~
3. Komentar saya mengenai paes sama seperti MUA. Pinter-pinter pilih yang mana ~
   Kalau kata orang ada harga ada rupa mhehe.


Alamat
Jl. Damar I
Jatibening Baru, Pondokgede
Bekasi
081280003795

Untuk mengakhiri postingan saya mengenai Sanggar Kebaya di wilayah Jakarta (Timur) dan sekitarnya (Bekasi), saya akan memberikan beberapa tips,
1. Ada baiknya obrolan mengenai apa yang akan kita kenakan di hari pernikahan diobrolin dari jauh-jauh hari. Kenapa?
a. Kalau mau bikin kebaya, butuh waktu lama. Mostly karena kebaya untuk nikahan akan dibuat sebagus mungkin menggunakan berbagai macam payet. Payetnya itu yang memakan waktu.
b. Kalau seumpama memiliki perbedaan pendapat dengan pasangan atau orang tua, jadi punya waktu untuk bujuk rayu atau punya waktu untuk bikin rencana supaya semua senang. Ini  Kejadian nih sama saya dan ayah saya. Ayah saya yang ngerasa jawa banget, ngotot pengen pakai kain, padahal saya sudah lama inginnya pakai gaun lace yang simple ala ala pinterest. Akhirnya siapa yang ngalah? Sejauh ini masih saya yang menang tapi nanti akan ada di cerita yang lain haha
2. Cari tahu apakah kita boleh mencoba kebaya di sanggar yang kita tuju. Saya pernah menemukan beberapa sanggar yang kebayanya tidak boleh dicoba sebelum deal (Lah, mana kita tau itu kebaya cakep apa enggak di badan yak?).
3. Selalu cari tahu tentang kebaya favorit di Sanggar yang akan dituju. Kalau-kalau boleh mencoba kebaya sebelum deal.
4. Untuk kedatangan saat akhir pekan (Sabtu/Minggu), ada baiknya konfirmasi dulu. Apalagi kalau sudah tau kebaya mana yang akan dicoba. Saat akhir pekan biasanya banyak kebaya yang 'keluar'.

Happy hunting girls!

You May Also Like

0 comments