Puasa Wajib di Bulan Ramadhan

by - 1:00 AM

 Starry Nights by ranganath krishnamani:

Di social media masyarakat Indonesia sedang hangat-hangatnya membahas mengenai video satpol PP merazia warung makan yang buka saat jam wajib berpuasa di bulan Ramadhan. Saya yang saat itu sangat jengah dengan peraturan pemerintah daerah yang mengatur perihal itu, tak kuasa untuk ikut berkomentar 

"Rumah makan disuruh tutup selama bulan puasa sebagai tindakan preventif agar orang ga tergoda untuk berbuka puasa. Kalian ga merasa terhina gitu, mereka pikir keimanan kalian secetek itu? :|"

Saya, sebagai umat muslim yang kira-kira sudah menjalani ibadah puasa penuh, subuh hingga magrib,  anggaplah selama 13 tahun, merasa puasa (menahan lapar) seharusnya tidak sesulit itu. Mayoritas umat muslim disini sudah dibiasakan untuk berpuasa, katakanlah dari umur 10 tahun, sehingga seharusnya umat muslim di Indonesia sudah terbiasa untuk berpuasa, terutama yang dewasa. Ada baiknya mereka mulai menggiatkan puasa sunnah supaya terbiasa menahan hawa nafsu (lapar dan haus).

Hal ini membuat saya pribadi sedikit tersinggung apabila pemerintah harus repot-repot membuatkan perda untuk memudahkan saya. Seolah-olah saya tidak mampu menjalankan puasa wajib dari fajar hingga magrib apabila ada hambatan.

Ini masih puasa menahan hawa nafsu lapar dan haus, belum yang lain. Bergunjing? Amarah?
Perlu pemerintah buatkan peraturan mengenai hal tersebut?

You May Also Like

1 comments